Kolaborasi Dinas Sosial PPPA bersama PKK Kabupaten Trenggalek melawan Kekerasan Kabupaten Layak Anak (KLA)

PKK Kabupaten Trenggalek melawan Kekerasan Kabupaten Layak Anak (KLA) adalah Kabupaten yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.
Di KLA, terdapat system pelayanan untuk perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan yang terpadu, terencana, menyeluruh dan berkelanjutan yang melibatkan seluruh stakeholder mulai tingkat pemerintahan Desa/Kel sampai dengan Kabupaten termasuk APH.
Kekerasan pada Perempuan dan anak adalah permasalahan sosial masyarakat yang muncul akibat perilaku masyarakat. Munculnya kekerasan pada anak di lingkungan pondok pesantren, dilingkungan sekolah/madrasah dan di keluarga dan masayarakat lebih banyak dilakukan oleh orang-orang yang terdekat dengan anak, juga menandakan bahwa kesadaran masyarakat sudah mulai tumbuh ditandai dengan keberanian bersuara ketika mereka menjadi korban karena KLA telah melakukan upaya meningkatkan literasi dengan mendidik untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dan memiliki respon yang tepat atas kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak, meliputi layanan penjangkauan atas pengaduan, penegakan & pendampingan hukum, rehabilitasi Kesehatan termasuk Visum et Repertum, layanan Rehabilitasi Sosial dan Reintegrasi Sosial.
Peran PKK dan Ormas Perempuan yang sudah kuat sampai diakar rumput mempunyai peran strategis dalam meningkatkan literasi masyarakat, kami mengajak semua ormas Perempuan untuk sensitive dan responsive untuk tidak toleransi pada perilaku kekerasan.
Sebaliknya Kabupaten/Kota yang tidak muncul kasus kekerasan bisa jadi karena system layanan pencegahan dan penanganan belum terbangun. Dalam KLA memastikan Pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha memiliki kewajiban untuk berkolaborasi membangun system perlindungan Perempuan dan anak.
Respon cepat dan tepat
Stop kekerasan sekarang juga

@avinml @syahmnn @bupatinggalek @novitamochamad @fatiksyah @tnp2k_official @kemensosri @dinas_sosial_pppa_trenggalek

LookingDownPoverty #Ilovetrenggalek #Gertak #GerakanTengokBawah #Trenggalek #TrenggalekMeroket

Ikuti Kami di :
Website : tkpk.trenggalekkab.go.id
YouTube : Posko Gertak
Facebook : Posko Gertak
Instagram : Poskogertak
Twitter : Poskogertak
E-mail : Poskogertak@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *