Alat Bantu Mobilitas Penyandang Disabilitas Berat (Program REHABSOS – JALATERI-PD) Di Kabupaten Trenggalek Tahun 2023

Pada Hari Selasa tanggal 19 September dilaksanakan Penyaluran ALAT BANTU MOBILITAS PENYANDANG DISABILITAS pada kegiatan JALATERI-PD yaitu Jangkauan Layanan Terpadu Integratif – Penyandang Disabilitas yang merupakan program Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Trenggalek yang diawali dengan kegiatan Assesment untuk menentukan layanan dan bantuan yang tepat kepada peserta, diantaranya program pelatihan di UPT Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, bantuan sosial berupa uang program  ASPD-Jatim untuk pemenuhan kebutuhan dasar penyandang disabilitas berat, sedangkan untuk bantuan Sosial Alat Bantu Mobilitas diberikan kepada 24 orang penyandang Disabilitas dalam kategori berat dengan rincian :

  • 7 Unit Kursi Roda CP
  • 7 Unit Hearing Aid (Alat bantu dengar)
  • 1 buah Prothese / kaki palsu
  • 8 Unit tongkat Netra Sensor
  • 1 Buah Tripod

Penyaluran dilaksanakan di dua tempat yaitu di Dinas Sosial PPPA Kabupaten Trenggalek di lokasi Rumah Latih Terapi Tumbuh Kembang sejumlah 6 penerima manfaat sekaligus setting Hearing Aid di Ruang Tertutup Terapi ABK oleh teknisi penyedia alat Bantu Dengar dan Tongkat Netra Sensorik, mengingat yang mendapatkan alat bantu dengar kategori Gangguan Pendengaran Mendalam, dilanjutkan bimbingan dan panduan penggunaan Tongkat Netra Sensor, dan fitting kaki palsu.

Lokasi penyaluran berikutnya di Pendopo Kecamatan Panggul untuk 18 penerima manfaat yang diawali dengan pengenalan alat bantu tersebut oleh teknisi didampingi oleh pendamping Dinsos PPPA Kab. Trenggalek, pendamping jalateri, TKSK, perangkat Desa dan Kesra Kecamatan Panggul.

Plt.Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Trenggalek dr. Ratna Sulistyowati, M.Kes. menyampaikan ucapan terimakasih karena Trenggalek menjadi salah satu Kabupaten Terpilih sasaran Program Jalateri-PD tahun 2023, tentunya banyak program yang lain yang diterima oleh Penyandang Disabilitas Trenggalek.

Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, memudahkan penyandang disabilitas dapat tumbuh dan berkembang serta hidup bermasyarakat secara optimal.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *