Program Lanjutan Aster Dan Atensi Sentra Terpadu Surakarta Di Trenggalek 

Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta terus melakukan pendampingan bagi peserta  latih agar masyarakat segera dapat memanfaatkan rumah latih tersebut. Tercatat 27 anak dari 11 Kecamatan yang mendapatkan layanan Assesment dan edukasi bagi orang tua atau pengampu tentang pemahaman kondisi dan bimbingan tatacara pengasuhan yang tepat. Dengan rincian : 6 anak disabilitas fisik, 4 anak disabilitas intelektual, 7 anak disabilitas mental, 1 anak disabilitas sensorik, dan 9 anak disabilitas ganda.

Kegiatan pendampingan rumah latih terapi dimulai   Hari Minggu s.d Selasa tanggal 20 s.d 22 Agustus 2023 dengan jadwal Assesment dan edukasi keluarga selama 2 hari dilanjutkan dan pada hari Selasa tanggal 22 Agustus 2023 Pemaparan hasil Assesment yang diikuti oleh Tim Dinas Sosial PPPA, Tim Dinas Kesehatan Dalduk dan KB, pengasuh PAUD Mutiara Kasih, SLBN Kampak, Panggungsari dan Kemala Bhayangkari, Kader Pendamping terapi, Perwakilan Kader Desa,  dari 27 anak tersebut dapat dipetakan keperluaan layanan sebagai berikut:

  • Yang memerlukan Fisioterapi                      : 12 anak
  • Yang memerlukan okupasi terapi              : 18 anak
  • Yang memerlukan terapi wicara                 : 16 anak
  • Rujuk Sentra Terpadu Surakarta                 : 4 anak
  • Rujuk dan konsul dokter spesialis anak   : 2 anak

Dengan demikian  1 anak bisa mendapatkan lebih dari 1 layanan, bahkan ada yang memerlukan 3 layanan. Dengan frekwensi terapi minimal 1 anak 2 kali latihan untuk 1 jenis layanan dan evaluasi akan dilakukan per 3 bulan layanan, dengan konsep layanan FAMILY EDUKASI.

Untuk anak-anak dengan Disabilitas intelektual dan mental perlu pendampingan dari Ahli Gizi yang pada kesempatan tersebut Dinas Kesehatan akan menugaskan Puskesmas untuk hadir di kelompok- kelompok anak tersebut, seperti di PAUD Inklusi, dan SLB.

Ketua Tim Terapis  Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta Wahyu Ambarwati Utari menyerahkan hasil Assesment kepada Kabid PPPA mewakili Kepala Dinas Sosial PPPA Kab. Trenggalek untuk segera dipetakan pelaksanaan terapi, pendampingan rujukan penyusunan jadwal terapi sesuai dengan kebutuhan.                              

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan kunjungan rumah penyandang disabilitas an. Aldo di Desa Banaran Kecamatan Tugu.

Pada Hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 jam 10.00 bertempat dirumah latih dilaksanakan acara Finalisasi dan Ekspose Data Assesmen Terintegrasi (Aster) Kabupaten Trenggalek tahun 2023, Ketua Tim Aster Sentra Terpadu Soeharo Surakarta Fitri Kusumaryani menyerahkan  Data Finalisasi Aster Kabupaten Trenggalek sejumlah 566 data kepada Sekretaris Dinas Sosial PPPA, dengan rincian sebagai berikut :

  • Anak Terlantar                   :   51 jiwa
  • Lansia Terlantar                : 228 Jiwa
  • Disabilitas                            : 287 jiwa

Rangkaian acara dari Sentra Terpadu pada kesempatan ini ditutup  dengan penyerahan Alat Bantu Mobilitas berupa protese (2 kaki palsu, 1 unit wolker CP, dan 1 buah tangan palsu).  

Pendampingan dari Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta akan diteruskan dalam 3 bulan kedepan untuk layanan FAMILY EDUKASI, sedangkan untuk kerjasama program yang lain tetap dilaksanakan sesuai dengan program Sentra dan tingkat kedarurutannya.

#terusBERGERAKuntukDISABILITAS#

Support:  By SENTRA TERPADU Prof Dr Soeharso Sukarta

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *