100 Penerima Manfaat Kube di Kecamatan Pule Siap Menjadi Pengusaha Mandiri.

Trenggalek, 11/08. Bertempat di Desa Puyung dan Desa Karanganyar Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, sebanyak total 100 Penerima Manfaat (PM) menerima bantuan pemberdayaan sosial yang terbentuk dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tahun 2023.

Setelah kurang lebih satu tahun yang lalu calon penerima manfaat kube diusulkan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kabupaten Trenggalek untuk mendapatkan bantuan tersebut, dan telah melewati serangkaian asesmen juga seleksi, hari ini akhirnya bantuan bisa tersalurkan kepada tiap PM sebesar Rp. 3.000.000,-.

“Hari ini bapak ibu sudah bisa langsung menerima bantuan Kube sebesar tiga juta rupiah, dan nanti langsung dicairkan oleh petugas bank jatim”, kata Wiwik Wuryani Dinsos Provinsi Jawa Timur.

Bantuan sebesar 3 juta tersebut harus segera dibelanjakan maksimal 5 hari setelah uang diterima hari ini, dengan komposisi belanja berupa 70 % peralatan dan 30 % bahan pokok habis pakai. “Peralatan yang di beli harus yang baru, tidak boleh bekas apalagi pinjaman. Jangan lupa bukti pembelian berupa nota harus ada, sebagai bukti pertanggungjawaban”. Tegas Wiwik.

Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Trenggalek Drs. Eddy Wahyu Sanyoto pada kegiatan pemanfaatan dan penyaluran bantuan pemberdayaan sosial bagi kelompok usaha bersama berpesan kepada para penerima manfaat agar bantuan yang telah di terima benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya yakni sesuai dengan RAB dalam proposal yang telah diajukan.

Masing – masing desa terdapat 5 kube dengan 10 anggota tiap kube. Jenis usaha yang diajukanpun boleh berbeda beda dalam 1 kube. Ada yang produksi gula aren, tali rajut, batik tulis, anyaman bambu, produksi jajanan dan makanan. “Memang tahun 2023 bentuk usaha yang diajukan dalam satu kube boleh berbeda, namun tahun berikutnya jenis usahanya harus sama dalam satu kube”, imbuh Wiwik.

Pada kesempatan ini pula para PM yang hadir juga mendapat penguatan, motivasi dan kiat-kiat sukses sebagai pengusaha dari bapak Meigik Sugiarto (Dinas Koperindag Kabupaten Trenggalek). Seperti misalnya menciptakan ekosistem bisnis, dia mencontoh kondisi kube yang saat ini diajukan. Dengan beragam jenis usaha yang diajukan bisa diciptakan pasar bersama sebagai market place dengan menyediakan bergaman usaha dan saling melengkapi.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *