Tanggapi Sedekah Informasi Melalui Kanal LAPOR

Dinas Sosial PPPA Kabupaten Trenggalek terus berupaya mengoptimalkan dan meningkatkan pelayanan terhadap PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) melalui penanganan respon kasus. Dalam mendukung upaya ini, melalui program GERTAK kami berusaha untuk secepat mungkin merespon setiap Sedekah Informasi dari Masyarakat. (Selasa, 6/6/2023).


Hal ini selaras dengan tagline Dinas Sosial PPPA Kabupaten Trenggalek, RCTI (Respon Cepat Terintegrasi dan Inkusif). Menanggapi beberapa sedekah informasi yang masuk melalui beberapa sumber seperti Kanal LAPOR maupun Layanan Online kami, Hari ini ada 3 lokasi sekaligus yang kami kunjungi.
Pertama RA (32) warga Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan yang mengalami sedikit gangguan mental dan memerlukan penanganan, Saat ini sedang kami usulkan untuk mendapatkan bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS).


Kemudian di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari kami mengunjungi rumah Kakek Sinto, Kondisi rumah kakek Sinto memperihatinkan dimana sehari – hari beliau tinggal sendiri dengan kamar mandi dan WC yang kurang layak, Tempat tidur dan dapur seadanya. Sementara tindak lanjut yang bisa kami lakukan kedepan adalah akan memberikan bantuan Peralatan Tidur, Pembersihan Rumah, Berkoordinasi dengan pihak terkait untuk perbaikan Kamar mandi dan WC yang layak, serta Puskesmas setempat untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan terhadap kakek sinto. Untuk jaminan Kesehatan beliau sudah terdaftar sebagai peserta KIS PBI dan bantuan lainnya sudah mendapat BLT DD.


Terakhir dilokasi ketiga, di Desa Pogalan Kecamatan Pogalan kami mendatangi rumah Wahyu Winarto (46) tinggal sendiri dirumah milik saudaranya yang tidak terawat. Sehari – hari beliau bekerja sebagai kuli pasir untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Sebagai tindak lanjutnya kami akan memberikan Peralatan Tidur dikarenakan Kasur milik beliau sudah rusak terkena banjir beberapa bulan yang lalu dan untuk Jaminan Kesehatan akan kami usulkan KIS sembari menunggu pembenahan data Adminduk dari beliau.
Tak lupa kami juga menyalurkan paket sembako untuk PKMS yang kami kunjungi hari ini, serta dalam setiap respon kasus yang kami lakukan selalu melibatkan Potensi dan Sumber Kesejahteran Sosial seperti Pasukan Pink, TKSK maupun yang lainnya serta Pihak Desa setempat agar dari hasil temuan dilapangan bisa segera ditindak lanjuti dengan gotong royong berbagai pihak.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *