Pentingnya Sinergitas Dalam Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Trenggalek

GERTAK Bersinergi dengan Dharma Wanita Persatuan Trenggalek blusukan ke rumah ibu hamil berisiko tinggi yang tergolong miskin ekstrem. Kegiatan itu dalam rangka untuk memastikan masyarakat yang tergolong dalam kemiskinan ekstrem tersebut mendapatkan intervensi program dari pemerintah.

Bumil risti adalah ibu hamil yang mengalami risiko atau bahaya yang lebih besar pada waktu kehamilan maupun persalinan, bila dibandingkan dengan ibu hamil yang normal. Misalnya, ibu hamil yang berusia kurang dari 20 tahun dan lebih dari 35 tahun, jarak kehamilan dengan anak sebelumnya kurang dari 2 tahun serta ibu yang mempunyai riwayat asma dan darah tinggi.

Kegiatan ini dianggap penting karena berkaitan dengan anak-anak kita sebagai penerus yang memerlukan perhatian khusus, karena selain melibatkan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang ada dalam kunjungan ini juga melibatkan Tenaga kesehatan setempat. Banyak hal yang perlu diperhatikan seperti gizi, mental, dan dukungan dari keluarga untuk memberikan perhatian dan kehati-hatian karena pada beberapa sasaran Ibu Hamil yang termasuk kedalam data Ibu hamil risti miskin ekstrem merupakan hasil Perkawinan Anak, hal ini tentu selain berisiko terhadap kesehatan juga rentan terhadap dampak ekonomi dan sosial.

Dalam kunjungan ini terdapat beberapa rumah yang dikunjungi diantaranya di Kecamatan Pogalan, Kecamatan Gandusari dan Kecamatan Pule. Selain melakukan edukasi kami juga menyerahkan bantuan paket sembako yang bisa dimanfaatkan untuk menambah gizi ibu hamil dan keluarga.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *