Genjot UMKM, Makaryo Ning Deso (Mening Deh) Kali ini Hadir dengan terdapatnya Banyak Stand – Stand UMKM yang di Buka

Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melalui Program Makaryo Ning Deso Hebat kian terasa keberadaannya. Pelayanan GERTAK kembali hadir pada program Mening Deh yang kali ini digelar di Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan, Rabu (15/2/2023).
Dibuka langsung Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin kegiatan Mening Deh kali ini banyak dihadiri OPD / Instansi yang membuka pelayanan di Desa, Selain itu untuk mengungkit ekonomi masyarakat juga terdapat stand – stand UMKM Desa Ngadirenggo yang berjualan produk UMKM Mereka.


Berbeda dengan kegiatan Mening Deh sebelumnya kali ini Masyarakat tampak begitu antusias memanfaatkan Layanan GERTAK yang sedari pagi sudah membuka layanan untuk masyarakat miskin berkaitan dengan permasalahan sosial yang ada, tak tangung – tangung 93 Laporan sudah kami layani pada kesempatan itu, Mayoritas masyarakat yang datang membutuhkan Jaminan Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat. Total 89 Laporan masyarakat mengajukan permohonan Kartu Indonesia Sehat (KIS) baik itu permohonan baru, reaktivasi maupun peralihan. Sisanya masyarakat memanfaatkan layanan GERTAK untuk mengakses informasi bantuan lainnya.


Tak hanya berdiam di Balai Desa Ngadirenggo saja, Makaryo Neng Deso juga kami isi dengan melakukan survey data kemiskinan Ekstrem untuk memastikan bahwa data yang ada sudah layak untuk tergolong miskin Ekstrem. Beberapa sasaran didapati masih tergolong mampu dan tidak layak untuk masuk kedalam data kemiskinan ekstrem, Temuan ini tentunya akan langsung kami komunikasikan dengan pihak desa agar dilakukan penghapusan dalam data, sementara 1 sasaran yang tergolong miskin ekstrem dan belum masuk dalam DTKS serta bantuan sosial lainnya akan kami lakukan pengusulan data. Selain verifikasi lapangan kami juga membagikan paket sembako untuk masyarakat tidak mampu.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *