Asistensi Membangun Desa Yang Aman Dan Ramah Aanak Di Tingkat Desa

Endang Suprapti – Tim Tenaga Ahli SAFE4C Kabupaten Trenggalek

Kegiatan asistensi membangun desa yang aman dan ramah anak di tingkat desa ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pelatihan fasilitator desa aman dan ramah anak yang dilaksanakan pada bulan Nopember 2022 yang lalu. Kegiatan ini merupakan kegiatan program SAFE4C tahap 2, SAFE4C merupakan program yang di support oleh UNICEF RI, dengan mitra pelaksana LPA Jawa Timur.
Kegiatan asistensi ini secara khusus ditujukan untuk Memperkuat kapasitas Fasilitator masyarakat Desa sebagai Tim Gugus Tugas Desa Aman dan Ramah Anak (Tim GT DARA) dalam membentuk atau memperkuat Forum Anak Desa (FAD), Membentuk atau memperkuat Lembaga layanan anak di tingkat Desa, Mereview, memfasilitasi dan advokasi PERDES Perlindungan Anak di tingkat Desa.
Kegiatan asistensi dilaksanakan pada bulan Januari 2023 di 5 desa sasaran yaitu Desa Sawahan Kecamatan Panggul, Desa Munjungan Kecamatan Munjungan, Desa Jombok Kecamatan Pule, Desa Winong Kecamatan Tugu dan Desa Gemaharjo Kecamatan Watulimo, berturut-turut pada tanggal 4,5,6,9 dan 10 Januari 2023, bertempat di balai desa masing-masing desa.

Dengan di damping tim dari bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dinas social dan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak (Bid P3A-DINSOSP3A), Endang Suprapti selaku Tim Tenaga Ahli SAFE4C di Kabupaten Trenggalek memfasilitasi kegiatan asistensi dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing desa sasaran.
Kegiatan asistensi selain dihadiri oleh fasilitator desa yang sebelumya telah dilatih, juga dihadiri oleh Kepala desa dan perangkat desa, perwakilan pemerintah kecamatan dan stakeholder desa terdiri dari tokoh masyarakat, TP PKK Desa, Kader sepeda keren dan pengurus forum anak desa), dengan jumlah peserta 20 orang perdesa , sehingga total peserta yang mengikuti kegiatan asistensi sebanyak 100 orang.
Diakhir kegiatan setiap desa membuat rencana tindak lanjut yang disepakati oleh semua audien untuk menciptakan lingkungan desa yang aman dan ramah bagi anak.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *