“Makaryo Neng Deso” Bersama Mas Ipin, GERTAK Dekatkan Layanan Ke Masyarakat

Mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat, Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin mengajak jajarannya bekerja di desa. Melalui program “Makaryo Neng Deso”, diharapkan semua OPD bisa mengenali dan menginventarisasi langsung kebutuhan masyarakat secara riil di lapangan. Dengan begitu struktur anggaran yang disusun benar-benar berbasis masyarakat karena pemerintah daerah turun langsung ke lapangan, mendengar keluh kesah mereka.
“Mulai tahun 2023 ini, setiap Hari Rabu kita canangkan menjadi kegiatan “Makaryo Neng Desa” (bekerja di desa). Seluruh OPD memang kita minta turun semuanya untuk menginventarisir masalah dan menyelesaikan masalah on the spot di situ,” ucapnya.


Dengan turun langsung, diharapkan OPD tekhnis dapat mengenali langsung apa yang diharapkan dan dibutuhkan masyarakat. Dengan begitu masalah dapat di inventarisir, kemudian dicarikan solusi pemecahannya. Dengan begini dipercaya Bupati Trenggalek, selain aspiratif, struktur anggaran yang disusun benar-benar berbasis masyarakat.
Kemudian kita nanti juga akan melihat pelayanan-pelayanan yang lain. Jadi seluruh OPD saat ini hampir tidak ada yang dikantor. 40% nya semua memberikan pelayanan di lapangan. Kemudian setiap Jumat-nya akan kita inventaris, biasanya di coffee morning dibahas mana saja yang bisa ditangani cepat, mana yang harus menggunakan anggaran.


Kemudian mana yang sudah ada anggarannya dan mana yang belum teranggarkan. Ini yang akan di inventarisir sehingga struktur anggaran kita kedepan sudah benar-benar berbasis kebutuhan masyarakat karena kita langsung melakukan tinjauan di lapangan. tutup mas Ipin.
Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, GERTAK turut hadir mendekatkan pelayanan kepada masyarakat untuk “Makaryo Neng Deso”. Kami membuka pelayanan di Desa – Desa setiap hari rabu, namun untuk pelayanan tetap kami di Posko GERTAK tetap berjalan normal seperti biasa.
Pada giat kali ini selain menerima pengaduan dari masyarakat kami juga menyalurkan KIS – PBI yang sebelumnya masyarakat ajukan permohonannya melalui Posko GERTAK dan sudah berhasil dicetak, Selain itu kami juga menyalurkan beberapa paket sembako untuk masyarakat tidak mampu.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *