Advokasi Sekolah Perempuan, Disabilitas, Anak dan Kelompok Rentan lainnya (SEPEDA KEREN) di Kecamatan Panggul

Sejak dilaunching pada akhir tahun 2019 SEPEDA KEREN, telah melaksanakan pembelajaran berbasis komunitas di 5 Kecamatan dengan biaya APBD. dari 5 (lima) kecamatan, 2 (dua) Kecamatan yaitu Trenggalek dan Munjungan telah menganggarkan SEPEDA KEREN untuk semua Desa yang ada diwilayahnya.

Kegiatan Advokasi SEPEDA KEREN di Kecamatan Panggul dilaksanakan di Taman Kili-Kili pada Senin, 15 Maret 2021 tersebut juga dihadiri oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten sekaligus selaku Ketua Forum PUSPA Kabupaten Trenggalek yang menginisiasi SEPEDA KEREN dalam kesempatan itu beliau juga menyampaikan agar semua Desa di wilayah Kecamatan Panggul mereplikasi SEPEDA KEREN dan mengalokasikan di APBDes Perubahan Tahun 2021.

Keseluruhan peserta sejumlah 249 orang dan sebanyak 9 Kelompok yang terdiri dari Ketua TP PKK Desa, BPD Perempuan, Perwakilan Disabilitas dan Perwakilan Anak.

Untuk ketiga Desa Kecamatan Panggul telah menginisiasi Desa Ramah Anak dengan melakukan pembentukan Forum Anak dan menyusun Rencana Aksi Desa Ramah Anak.

Ketiga Desa tersebut juga telah mengalokasikan pendampingan anggaran pelaksanaan SEPEDA KEREN dan Pembinaan Forum Anak Desa dari APBDes 2021 kisaran 10 Jutaan. Bahkan pada tahun 2020 mereka secara sukarela kader SEPEDA KEREN mengeluarkan biaya untuk merintis pembentukan forum anak Desa.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *