Sinergitas Pemkab Trenggalek dalam Penanganan Perlindungan Bencana, Dinsos PPPA dan BAZNAS Langsung Turun Lapangan

Selasa, 9 Februari 2021.

Intensitas hujan yang cukup tinggi dan lama terjadi di wilayah kecamatan Pule pada selasa, 9 Februari 2021 mengakibatkan longsornya tebing yang berada di belakang rumah Bu Wartini, Dsn. Weru Asli, RT 16 Desa Joho, Kecamatan Pule, yang mengakibatkan rumah Bu Wartini yang terbuat dari papan nyaris rata dengan tanah.

Dinas Sosial PPPA, Tagana dan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Trenggalek merespon dengan cepat dengan memberikan bantuan.

Mahsun Ismail, Ketua BAZNAS Trenggalek saat menyampaikan bantuan menyampaikan “sore kemaren kami mendapatkan informasi bahwa rumah Bu Wartini ambruk karena longsor dan juga tertimpa pohon, hingga nyaris rata dengan tanah. Kami segera agendakan pagi ini untuk membantu biaya pembangunan rumah kembali senilai Rp. 10.000,000,- semoga ini nanti bisa berwujud rumah yang lebih baik untuk dihuni bersama keluarga “.

Menyambung ketua BAZNAS Trenggalek, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Trenggalek dr. Ratna Sulistyowati, M. Kes, juga berjanji akan segera memberikan jaminan sosial kepada bu Wartini, karena ternyata beliau juga belum mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah dan belum masuk ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS).

Selain memberikan bantuan langsung berupa sembako, paket sandang dan peralatan dapur Kepala Dinsos PPPA juga menyarankan kepada kepala Desa untuk segera mengajukan jaminan sosial melalui Sistem Layanan Rujjukan Terpadu (SLRT) Gertak. hal ini dimaksudkan agar kedepan keluarga bu Wartini memperoleh kebutuhan dasar jaminan sosial dan kesehatan.

Redaksi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *