Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin meresmikan Rumah Aman Sementara (Shelter) di Kabupaten Trenggalek

Kamis, 18 Juli 2024 Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin meresmikan Rumah Aman Sementara (Shelter) yang bertempat di Jalan Raya Trenggalek-Tulungagung Desa Karangsoko, Trenggalek. Keberadaan Shelter diharapkan menjadi salah satu solusi bagi anak dan lansia terlantar serta gepeng.
.
Sesuai amanah Undang Undang, fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara, Pemerintah Kabupaten Trenggalek mencoba hadir untuk bisa mengurai permasalahan sosial tersebut dengan mendirikan Shelter.
.
Shelter yang dibangun oleh Kabupaten Trenggalek itu berkapasitas 8 Bed untuk kelompok perempuan dan 8 Bed untuk kelompok laki-laki. Kemudian 1 kamar isolasi untuk perempuan, 1 kamar isolasi untuk kelompok laki-laki dan 1 kamar untuk ABH.
.
“Shelter dibangun sebagaimana dalam pasal 34 yang mengamanatkan fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Ini juga menjadi salah satu ikhtiar kita, meskipun tadi kewenangan di kabupaten, kita tidak boleh punya panti. Jadi kita punyanya Rumah Aman Sementara atau Shelter. Sembari mereka nanti bila ada sanak keluarga kita kembalikan kepada sanak keluarga yang merawat,” tutur Bupati Nur Arifin.

“Ataupun kalau harus ke Panti atau ke pusat rehabilitasi dan mungkin ke tempat tempat lain itu nereka punya tempat atau terlantung-lantung di jalan dan lain sebagainya,” imbuhnya melengkapi.
.
Merujuk pada fungsinya, Shelter ini adalah rumah aman sementara sehingga tidak berfungsi sebagai panti. Peruntukan Shelter ini sendiri ditujukan bagi disabilitas terlantar, lansia terlantar, anak terlantar dan gepeng.

Plt. Kepala Dinsos P3A Trenggalek, Christina Ambarwati menyebut “SOP kami hanya 7 hari, atau bisa diperpanjang untuk 7 hari berikutnya ketika reintegrasi sosial atau penelusuran keluarga tidak bisa diketemukan.

Selanjutnya upayanya harus dikembalikan kepada keluarga, melalui integrasi sosial. Yang disini adalah yang rehabilitasi medisnya sudah selesai. Persiapan untuk reintegrasi sosial, kembali kepada pihak keluarga,” jelasnya.

@avinml @syahmnn @bupatinggalek @tnp2k_official @kemensosri @dinas_sosial_pppa_trenggalek
.

LookingDownPoverty #Ilovetrenggalek #Gertak #GerakanTengokBawah #Trenggalek #TrenggalekMeroket

.
Website : tkpk.trenggalekkab.go.id
Website : dinsospppa.trenggalekkab.go.id
YouTube : Posko Gertak
Facebook : Posko Gertak
Instagram : Poskogertak
Twitter : Poskogertak
E-mail : Poskogertak@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *