Hujan Seharian Akibatkan Banjir di Empat Kecamatan di Trenggalek

banjir-trenggalek

Hujan yang berlangsung seharian membuat bencana banjir kembali landa beberapa wilayah di Trenggalek, Minggu (13/11). Empat kecamatan yang terendam banjir antara lain kecamatan Munjungan, Kampak, Gandusari dan Watulimo.

Di Kecamatan Munjungan banjir, melanda Desa Tawing dan Bendoroto. Sedangkan di Kecamatan Kampak banjir melanda Desa Bendoagung. Sementara di Gandusari banjir merendam wilayah Desa Ngrayung dan Sukorejo. Serta Desa Tasikmadu dan Prigi di Kecamatan Watulimo.

Banjir di dua kecamatan yakni Kampak dan Munjungan disebabkan oleh meluapnya aliran sungai Tawing, karena curah hujan yang cukup tinggi. Di Trenggalek sendiri, terdapat tiga aliran sungai yang akan bertemu pada satu muara yang sama. Sehingga ketika ketiga aliran sungai tersebut sama-sama besar, hampir dipastikan akan terjadi banjir.

Sehingga wilayah Trenggalek membutuhkan paling tidak tiga bendungan yang mampu menampung debit air di ketiga aliran sungai tersebut sehingga bisa meminimalisir bencana banjir. Sementara itu, banjir yang melanda Watulimo lebih diakibatkan karena adanya pendangkalan sungai, serta cukup curamnya lereng-lereng di wilayah tersebut.

Dikonfirmasi mengenai banjir tersebut, kepala BPBD, Ir. Joko Rusianto membenarkan bila pada hari Minggu (13/11) telah terjadi bencana banjir di empat kecamatan di Trenggalek.

“Banjir ini disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi sejak Sabtu (12/11). Karena curah hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan adanya kenaikan debit air cukup drastis di Sungai Tawing maupun Ngasinan. Karena hal tersebut, mengakibatkan aliran sungai meluap, dan banjir tidak bisa dielakkan. Di Tahun 2017 ini curah hujan di beberapa wilayah, salah satunya Trenggalek, memang cukup tinggi,” ungkapnya.

“Semoga cuaca buruk ini segera berhenti, sehingga bencana juga juga ikut berhenti,” imbuh Joko Rusianto.

Kepala BPBD juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk menjaga kelestarian alam yang ada. Sehingga alam pun bersahabat dengan manusia. (Humas)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *