100 KK asal Jatim Ikuti Program Transmigrasi ke Kalimantan Utara

100-kk-asal-jatim-ikuti-program-transmigrasi-ke-kalimantan-utara

SURABAYA – Sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK) asal Jawa Timur (Jatim) diberangkatkan ke Kalimatan Utara mengikuti program Transmigrasi. Total ada 309 Jiwa yang berangkat dalam rombongan tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan  Pemprov Jatim, Sukardo mengatakan, para transmigran ini diberangkat ke Tanjung Buka, Bulungan, Kalimantan Utara melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Meraka berasal dari 10 daerah di Jawa Timur,” kata Sukardo, Rabu (9/11/2016).

Sukardo merinci, sebanyak 30 KK berasal dari Kabupaten Ngawi, 15 KK dari Madiun, 10 KK dari Magetan, 10 KK dari Ponorogo, 5 KK dari Tulungagung, 10 KK dari Nganjuk, 4 KK dari Kediri, 5 KK dari Pacitan, 5 KK dari Malang dan 6 KK dari Lumajang.

Para transmigran ini akan bergabung dengan warga Jatim lainnya yang sudah berangkat sejak tahun 2012. Kata Sukardo, mereka yang lebih dulu berangkat sudah berhasil bercocok tanam. Laporan terakhir, mereka telah surplus beras hingga 350 ton.

Menurut Sukardo, dari data Disnakertransduk Jatim, hingga saat ini sudah ada 2.859 KK yang mengantri untuk berangkat transmigrasi ke daerah lain. “Untuk itu setiap tahun diberangkatkan sekitar 550 KK. Artinya terjadi antrean keberangkatan transmigran selama 6 sampai 7 tahun,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat pemberangkatan warganya mengatakan, program ini mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi baru dan mengurangi pengangguran serta memperkuat ketahanan pangan. Selain itu, untuk mewujudkan pesebaran penduduk lebih merata.

Dia juga meminta kepada para transmigran untuk mengambil pelajaran para transmigran lainnya yang telah sukses dan rajin menabung.

“Silahkan mengambil inspirasi dan belajar kepada transmigrasi lainnya. Selain itu, untuk menghormati budaya setempat. Dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Artinya, hormati budaya dan adat istiadat tempat tujuan itu,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul.

(fas)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *